m e e t t h e c h e e s e !


profile

Rizkya Fisabila
a 20-years-old girl, and also a future architect :]
fangirl-photoshop-comics-japan!




misc

friends
your links go here,
A
Agil Ai Ajeng Anda Andez Anya Aoi Aya
B
Bita Bella Boot
C
Chacha Chichi Buchi Chiesa Chokichim Citra
D
Dave Della Destya Devoonk Difa Nyunyung Dinda Dinda JJ Dini Donats
H
Hanna Hasna Hoshi
I
Iyoo Iyoo LJ
K
Kidan-jikan Koei
L
Lady Liyy
M
Marco Mayuu Megu Misaki
N
Nana Nadine Niken Ninid
P
Piku Prila Purisuka
Q
QC Qent
R
Rafika Rii Rina Rizuka Runa
S
Sasha Sherina Sisil Sondra
T
Tasya Tasuyachan Tissa Tiwie
V
Via Vie
Y
Yuel

thanks
© * étoile filante
inspiration/colours: mintyapple
icons: cablelines
reference: x / x

past
October 2008
November 2008
December 2008
January 2009
February 2009
March 2009
April 2009
May 2009
June 2009
August 2009
September 2009
November 2009
March 2010
May 2010
June 2010
August 2010
September 2010
June 2011
September 2012
January 2013
March 2013
October 2013
title: Tentang Akanoma
date: Saturday, September 08, 2012
time:11:10 AM


KM 124 Tol Padalarang arah Bandung, lihat ke kanan dan perhatikan, ada sebuah bangunan joglo berdiri tegak, itulah Studio Akanoma, dan disinilah saya sekarang. Berada di Padalarang, Bandung, namun jauh dari hiruk pikuk kota itu sendiri. Suasana pedesaan yang tenang, dan tentunya dingin, khas Bandung, bahkan jauh lebih dingin karena studio ini berada di dekat pegunungan. Tentunya berbeda sekali dengan Surabaya, kota dimana saya menuntut ilmu selama ini, atau bahkan Bekasi, kota yang saya tinggali dari lahir. Agak takjub memang bisa tiba-tiba berada disini. Sebuah biro arsitek yang cukup ternama milik Pak Yu Sing, yang memang sudah lama saya kagumi. Berawal dari sebuah niatan yang cukup iseng, karena pada awalnya saya tidak berminat untuk Kerja Praktek seperti kebanyakan teman-teman yang lain. Di samping saya tidak mengambil mata kuliah KP tersebut, rasanya saya sudah rindu sekali dengan rumah, dengan keluarga saya di Bekasi. Namun sepertinya Allah berkehendak lain, coba-coba mengirimkan CV dan portofolio kesana, ternyata saya diterima! Perasaan saya begitu campur aduk, antara senang tapi sedikit galau juga karena ternyata KP di akanoma ini minimal untuk periode 2 bulan, yang berarti saya harus merelakan jatah liburan saya, jatah santai-santai saya di rumah bersama keluarga. Tapi okelah, kapan lagi ada kesempatan sebaik ini kan? :D
8 Juli 2012, untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di sebuah biro arsitek yang nampak dari luar jauh dari gambaran sebuah kantor. Sebuah bangunan joglo 2 lantai, loh, sejak kapan ada joglo 2 lantai? Ya, disinilah uniknya bangunan ini. Joglo bekas yang dibeli Pak Yu Sing dari Solo, seakan diangkat dan ditaruh di lantai 2 dengan ditopang kolom-kolom beton besar berbentuk Y. Sedangkan lantai dasar digunakan sebagai amphitheatre, sebuah ruang publik yang sengaja dibuat oleh Pak Yu Sing agar dapat dipergunakan oleh warga sekitar. Kami sendiri, para staf dan anak-anak magang disini sudah memanfaatkannya sebagai “Sanggar Akanoma”, tempat bermain dan belajar anak-anak Tipar Timur dan sekitarnya. Antusiasme anak-anak disini sangat baik. Sejak diadakannya les menggambar, semakin banyak anak-anak yang berani datang kesini untuk sekedar main, bahkan sering meminta kami turun ke bawah untuk menemani mereka bermain. Suatu kesenangan tersendiri bagi saya yang memang ingin merasakan KKN seperti teman-teman di universitas lain, karena program KKN di ITS ternyata sudah dihapuskan L Di studio akanoma ini, saya tidak hanya dapat pengalaman KP, tapi juga rasanya kurang lebih sama dengan pengalaman KKN, dimana hidup di sebuah pedesaan dan berbaur dengan warga sekitar. Yay! :D
Tepat 2 bulan saya disini. Nano-nano rasanya. Pekerjaan yang diberikan untuk anak magang terbilang lumayan banyak. Sembari belajar arsitektur, saya juga mempelajari bagaimana waktu memang benar-benar sangat berharga. Di kampus, tugas-tugas yang dibilang bejibun itu ternyata tidak berarti apa-apa jika dibandingkan pekerjaan disini. Yang biasanya hanya dapat 1 desain Perancangan Arsitektur dalam 1 semester, ditambah dengan tugas dari mata kuliah lain yang-kadang suka gak sadar kalo SKSnya cuma 2-hahaa. Nyatanya saya dan teman-teman disini bisa menyelesaikannya lebih cepat! *emang kalo ada niat semua bisa berjalan dengan baik deh. B-)
Disini saya juga belajar kalau ternyata memang kampus adalah tempat yang menyenangkan, dengan adanya banyak orang dalam satu wilayah, bahkan bisa menemui lagi orang-orang lain, yang tentunya tidak membuat bosan. Yah dibanding disini, yang jumlah orangnya lebih sedikit dan itu-itu aja tentunya. Haha :D tapi bersyukur berada disini, di tengah orang-orang yang hidup sederhana namun tidak sesederhana pikiran mereka yang hebat! Salut lah. Walaupun udah tau busuk-busuknya kayak gimana :p
Berada hampir setiap hari dan setiap saat bersama mereka, anak-anak magang: Kiky, Karin, Ayu, Mas Chandra (yang ternyata magang disini udah hampir setahun!) ; para staf akanoma: Mas Wilfrid, Mas Gustav, Bang Peter ; dan juga partner Pak Yu Sing: Mas Kristo, Mas Albert, Mas Dias ;  selain orang-orang yang sudah cukup lama bekerja dengan Pak Yu Sing tentunya, dan sudah berkeluarga: Pak Anjar, Pak Ben, Pak Iwan. 10 orang pertama itulah yang juga menginap disini, kecuali Ayu, yang memang rumahnya di Bandung, kamilah yang selalu menghabiskan waktu bersama, mulai dari bekerja, makan di tempat yang bisa bikin de javu, sebuah pujasera di cimahi, hampir setiap malam kami makan disana =)) dan kadang juga pergi ke suatu acara bersama. Menyenangkan? Jelas ;) dapat teman-teman baru, yang bahkan seperti keluarga membuat kegiatan disini menjadi tidak terasa membosankan :D
Kehangatan pertama yang saya dapatkan yaitu ketika mereka mengadakan acara bakar-bakar yang (katanya) sekaligus sebagai penyambutan anak-anak magang. Wow :D Berbekal ikan-ikan segar yang dibeli malam itu juga, ditambah dengan sosis yang hanya ditusuk dengan tusuk sate dan dibumbui kecap pedas. Nyaaaaam! Makan bersama dengan beralaskan 1 lembar besar daun pisang yang langsung dicabut dari kebun sayur, adalah sebuah pengalaman tersendiri bagi saya. Suasana guyubnya itu benar-benar terasa J
Dan hari ini, malam ini, saya akan kembali lagi ke rumah. Tuntas sudah masa kerja praktek saya disini. Senang karena akan kembali ke kampus lagi, namun juga sedih karena harus meninggalkan semua yang ada disini. Yah, kita memang harus siap menghadapi perpisahan sejak pertemuan itu ada, kan? ;)

Terima kasih, Akanoma. Saya belajar banyak J



comment? / top